Apapun Tantangannya Menjalani 4 Fase Hidup WNI di Jerman ada Virtual Assistance untuk Orang Indonesia di Jerman

4 Fase Orang Indonesia di Jerman

Fase Adaptasi Orang Indonesia di Jerman Meliputi Berbagai Hal Dasar Untuk Menyesuaikan Diri dengan Jerman

Fase Adaptasi WNI di Jerman

Pentingnya Virtual Assistance untuk Orang Indonesia di Jerman

Virtuan Assistance WNI di Jerman

Dalam semua fase ini, Amsulistiani Ensch hadir sebagai Virtual Assistance yang dapat dipercaya di Jerman. Telah terbukti membantu banyak WNI di Jerman

Kepada siapapun yang membutuhkan bantuan dalam menjelajah Jerman, baik sebagai individu maupun sebagai pemilik bisnis atau usaha, Amsulistiani Ensch adalah penyedia jasa Virtual Assistance yang tepat”

— A Happy Client

TRIER, RHEINLAND-PFALZ, GERMANY, May 13, 2024 /EINPresswire.com/ — Banyak orang Indonesia yang mencari pengalaman baru di luar negeri, salah satunya adalah di Jerman. Namun, menghadapi perubahan budaya dan gaya hidup baru tidak selalu mudah.

Dalam perjalanan hidup di Jerman, ada empat fasa yang dialami oleh orang Indonesia:

1. Fasa Persiapan:
Ketika masih berada di Indonesia, persiapan adalah kunci utama. Ini termasuk mengikuti kursus bahasa Jerman, mendapatkan informasi mengenai ujian bahasa Jerman dan sertifikasi yang diakui oleh pemerintah Jerman, pemahaman tentang asuransi, dokumen apostil, VIDEX, dan syarat utama lainnya yang diperlukan untuk visa dan birokrasi yang terkait.

2. Fasa Penyesuaian di Jerman:
Saat baru tiba di Jerman, penyesuaian dengan budaya dan gaya hidup lokal menjadi fokus utama. Bergabung dengan komunitas WNI yang membangun di Jerman sangat penting untuk membantu WNI beradaptasi di Jerman, mendapatkan SIM card untuk keperluan telepon dan internet, menghadap dan menyelesaikan birokrasi terkait akomodasi dan tempat tinggal, serta mengurus perpanjangan visa atau izin tinggal menjadi langkah-langkah penting saat baru tiba di Jerman.

3. Fasa Hidup Layak dan Terbiasa di Jerman:
Setelah melewati fase penyesuaian, orang Indonesia akan merasakan kenyamanan dan kemandirian hidup di Jerman. Dalam tahap ini, WNI memiliki kebutuhan kebutuhan tingkat lanjut seperti investasi, tabungan masa tua, asuransi penunjang lainnya, seperti asuransi perlindungan hukum, berbisnis, tabungan emas bebas pajak, tabungan masa tua, perlindungan keluarga, kebutuhan keluarga, pasangan, dan masih banyak lainnya, yang sesuai dengan status visa, transportasi yang memudahkan mobilitas, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

4. Fasa Akhir:
Pada tahap ini, orang Indonesia akan mempertimbangkan apakah mereka ingin pulang habis ke Indonesia atau menetap di Jerman hingga akhir hayat.

Dalam semua fase ini, Amsulistiani Ensch hadir sebagai Virtual Assistance membantu WNI, Expat dan Orang Asing di Jerman. Melirik latar belakang Amsulistiani Ensch, dengan pengetahuan sebagai kru kapal pesiar, Project Management, dan pernah menjadi staff rekrutmen internasional di salah satu perusahaan di Abu Dhabi untuk oil & gas industry, dan dengan pengalaman dan pengetahuannya tentang kehidupan di Jerman, Amsulistiani Ensch´s CVGEN Virtual Assistance adalah pilihan yang tepat untuk mendampingi orang Indonesia di Jerman melewati berbagai status fasa anda sebagai WNI di Jerman.

Apa saja hambatan hambatan yang harus dilalui oleh orang Indonesia dalam setiap fase ke Jerman dan saat sudah di Jerman?

FASE PERSIAPAN DI INDONESIA dan HAMBATANNYA
Berikut hambatan seorang WNI yang harus dilewati saat masih dalam tahap persiapan di Indonesia:
1. Berusaha Memiliki Keterampilan Bahasa Jerman yang Memadai
2. Mempersiapkan Finansial Yang Cukup
3. Berupaya Peroleh Informasi tentang Kebutuhan Tertentu
4. Berusaha Memahami Budaya dan Kehidupan di Jerman
5. Perjuangan Memperoleh Persetujuan Visa dari Kedutaan Jerman. Gagal visa dapat disebabkan oleh banyak hal. Asuransi yang tidak sesuai, salah penulisan nama atau data di VIDEX, background cek, dan lain sebagainya
6. Memastikan Agar Dalam Keadaan Sehat Fisik dan Mental
7. Kendala Keluarga atau Keterikatan Pribadi
8. Hambatan Hukum atau Hambatan Pengadilan
9. Ketidakstabilan Politik atau Krisis Keamanan Sewaktu Waktu dapat Terjadi
10. Ketidakstabilan Politik atau Krisis Keamanan Sewaktu Waktu dapat Terjadi
11. Perubahan Rencana atau Prioritas Pribadi Sewaktu Waktu dapat Terjadi

FASA ADAPTASI DI JERMAN dan HAMBATANNYA
Fase adaptasi di Jerman merupakan fase kritis bagi WNI. Tidak sedikit WNI yang sudah di Jerman dan tidak dapat melewati fasa ini, memilih untuk pulang ke Indonesia, stress, bahkan depresi. Berikut hambatan yang dapat saja dialami oleh seorang WNI di Jerman yang berada dalam fasa adaptasi di Jerman:
1. Culture Shock
2. Ketidakfamiliaran dengan Sistem Pendidikan dan Kesehatan Jerman
3. Isolasi Sosial
4. Tidak percaya diri dengan penguasaan bahasa Jerman
5. Kesulitan Beradaptasi dengan Iklim
6. Kesulitan Membuka Rekening Bank
7. Kesulitan Memahami Sistem Transportasi
8. Kurangnya Pengetahuan tentang Hak dan Kewajiban
9. Kesulitan Menyesuaikan dengan Harga Hidup di Jerman
10. Kesulitan dalam Menavigasi Birokrasi
11. Kesulitan Menyesuaikan dengan Kuliner Jerman
12. Kesulitan Memahami Sistem Pajak
13. Kesulitan Menyesuaikan dengan Kebiasaan Sosial
14. Kesulitan Mengatasi Rasa Rindu
15. Kurangnya Pengetahuan tentang Hak Pekerja
16. Kesulitan peroleh informasi yang sesui dengan kebutuhan
17. Kebutuhan untuk peroleh SIMCARD di Jerman untuk Internet dan Call
18. Kesulitan beradaptasi dan rasa rindu kampun halaman

FASE HIDUP NYAMAN DI JERMAN dan HAMBATANNYA
Ketika sudah berhasil melalui fase adaptasi di Jerman, WNI akan mulai hidup nyaman dan akan mulai jelajahi kebutuhan kebutuhan sekunder untuk lebih mensejahterakan kehidupannya di Jerman. Adapun beberapa kebutuhan WNI ketika sudah berada di fase ketiga adalah sebagai berikut:
1. Cara Membeli Property dengan Bauspar. Bauspar adalah fasilitas produk keuangan di Jerman untuk membantu siapa saja membeli property di Jerman disesuaikan dengan pendapatan
2. Tabungan bebas pajak. Contoh Tabungan Emas dan Tabungan Rente
3. Investasi yang sesuai. Contoh, seorang Azubi pasti memiliki kebutuhan tabungan dan keuangan yang berbeda dengan seorang Freelancer
4. Kebutuhan Asuransi yang beragam. Semakin lama dan nyaman seorang WNI di Jerman, pasti akan menyadari kebutuhan asuransi menjadi sangat penting. Mulai dari asuransi property, asuransi privat, asuransi hukum, asuransi untuk keluarga, asuransi kendaraan dan masih banyak lagi untuk memastikan diri dan keluarga terjamin dengan baik selama kehidupan di Jerman

PERTIMBANGAN di FASE KE EMPAT
Ketika sudah melewati ketiga fase tersebut dengan gemilang, seorang WNI di Jerman akan memikirkan rencana hari tua atau jika belum tua, sebut saja final decision. Memutuskan apakah harus pulang habis ke Indonesia atau memutuskan untuk menghabiskan hidup sampai akhir di Jerman. Keputusan WNI biasanya akan dipengaruhi oleh pertimbangan pertimbangan, seperti:
1. Situasi dan Stabilitas Politik dan Ekonomi
2. Pertimbangan Jangka Panjang untuk diri sendiri dan Keluarga
3. Keamanan
4. Jaminan Kesehatan & Pendidikan
5. Privildge dan kemudahan hidup yang akan hilang atau yang akan diperoleh
6. Dan pertimbangan pertimbangan personal, profesional atau dan lain sebagainya

Semua fasa ini dapat dilalui dengan mudah oleh seorang WNI jika didampingi oleh Virtual Assistance yang telah berpengalaman di Jerman. Dengan dukungan penuh Virtual Assistance, Amsulistiani Ensch membantu dalam berbagai hal, mulai dari pendampingan agar anda tidak merasa sendirian untuk pengurusan mandiri administrasi, hingga memberikan saran praktis dan solutif. Untuk membantu melewati hal baru di Jerman, peran seorang Virtual Assistance sangatlah penting.

Amsulistiani Ensch
CVGEN Virtual Assistance
+49 15510 044907
[email protected]
Visit us on social media:
LinkedIn

4 Fase Hidup di Jerman Bagi Orang Indonesia. Dijalani Dengan Mudah, ada Amsulistiani Ensch´s CVGen Virtual Assistance




Originally published at https://www.einpresswire.com/article/705345616/apapun-tantangannya-menjalani-4-fase-hidup-wni-di-jerman-ada-virtual-assistance-untuk-orang-indonesia-di-jerman